Jumat, 20 September 2013

Komponen dalam Komputer dan Fungsinya



Casing

Casing komputer adalah komponen komputer yang berfungsi untuk meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.







Power Supply

Power supply adalah perangkat yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya.




Mainboard / Motherboard

Mainboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain seperti processor, video card, RAM, hard disk, dan lain sebagainya. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing seperti jenis slot processor apa yang didukungnya, jenis slot RAM, dan sebagainya.



Processor / CPU

Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Atau dengan kata lain ika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu jenis socket processor yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2 (soket processor AMD), socket LGA (soket processor Intel), atau lain sebagainya.


 


RAM

RAM (Random Access Memory), adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara (tidak permanen) dari suatu program yang sedang kita jalankan. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu jenis slot RAM yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR1, DDR2, ataupun DDR3.



Harddisk

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data secara permanen. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita. Sebelum Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu jenis interface harddisk yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah ATA, SATA, atau lain sebagainya.




Optical Disk Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita dapat berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi, terisolasi maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu jenis interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.




Video Card / VGA Card

VGA (Video Graphics Array) Card adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu jenis slot VGA yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI Express, atau lain sebagainya.




Sound Card

Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, hampa rasanya jika komputer tidak memiliki keluaran suara. Kartu suara (Sound Card) adalah suatu komponen yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Biasanya setiap main board memiliki port sound card secara Onboard (menempel langsung pada mainboard), bila tidak ada, anda bisa menambahkanya secara Offboard (pemasangannya di slot PCI pada motherboard).


 


Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Banyak jenis monitor yang berdar di pasaran saat ini, seperti monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD karena hemat ruang dan hemat listrik.





Mouse

Mouse adalah komponen inputan yang berfungsi untuk menggerakan kursor dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada Standard Mouse(mouse yang biasa kita gunakan), Gaming Mouse (mouse khusus game), mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.


 


Keyboard

Keyboard adalah komponen inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetik. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar