Kamis, 19 September 2013

Cara membuat tabel pada Ms. Access 2007

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan apa yang telah saya pada kuliah minggu pertama saya pada mata kuliah PTI (Pengantar Teknologi Informasi). yang saya dapatkan pada minggu pertama ini adalah mengenai Ms Access, yakni Cara Membuat Tabel.
Perlu diketahui bahwa tabel yang kita buat ini berbeda dengan tabel yang ada di Ms. Excel. Jika di Ms Excel kita mengenal Row dan column, pada Ms. Access kali ini kita menyebutnya Field dan Record.



Saya akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara membuat tabel seperti diatas. Tanpa basa basi lagi, begini caranya :
pertama-tama klik menu View yang ada di ribbon Datasheet lalu pilih Design View
lalu akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini

isikan nama tabel anda lalu klik OK. maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Gambar yang saya lingkari adalah Primary Key. Primary Key merupakan data pembeda antara satu record dengan record lain nantinya, misalnya nomor urut, nomor induk dan sebagainya.
Isikan Field Name. 

Yang perlu diperhatikan adalah pengisisan tipe data (Data Type) dan ukuran (field size). keduanya diisikan sesuai kebutuhan saja.

    "        Bila data pada record nantinya terdiri dari berbagai karakter (huruf, angka, simbol, spasi) isikan tipe data dengan "Text", bila hanya angka isikan tipe data dengan "Number", dan bila field nantinya berisi tanggal isikan data tipe dengan "Date". 

Begitupun dengan ukuran (field size), jika karakter yang diisikan terlalu panjang maka nantinya ukuran dari database juga akan besar, maka kita harus bisa mengkira-kira mana yang membutuhkan ukuran besar dan mana yang membutuhkan ukuran kecil. misal untuk nama, jika kita akan mengisikan nama lengkap pastinya kita akan membutuhkan lebih banyak karakter daripada kota atau prgodi. Dan sebagai pengingat jika kita mengisikan ukuran (field size) 12, maka karakter ke 13 dan seterusnya tidak akan tersimpan.       "

Setelah semua record untuk tabel terisi, sekarang simpan / Save (Ctrl + S). Lalu klik View lalu pilih Datasheet View untuk melihat hasil tabel.
Sekarang anda bisa meng-input data anda.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar